Flow -  Progress Langsung ke konten utama

Manfaat Gas Alam Dalam Kehidupan Sehari-hari


Gas alam merupakan gas yang dihasilkan oleh bumi. Gas alam ini biasanya ada bersamaan dengan minyak bumi. Berikut ini 10 manfaat gas dalam kehidupan sehari hari kita:

1. Pembangkit Listrik
    Gas alam merupakan gas yang dapat digunakan juga sebagai alat pembangkit listrik dan juga dianggap sebagai energi alternatif pengganti air maupun angin sebagai pembangkit listrik.
2. Sebagai Bahan Bakar Kendaraan
    Gas alamnjuga dapat digunakan sebagai bahan pengganti bensin dan solar. Selain itu gas alam juga dianggap ramah lingkungan karena tidak menghasilkan gas buangan yang berbahaya. kendaraan pertama di indonesia yang menggunakan bahan bakar gas alam adalah bemo yang beroperasi di jakarta.
3. Bahan Baku Industri Plastik
   Gas alam juga merupakan salah satu bahan baku dalam industri pengolahan plastik.  Masih banyak industri yang memakai gas alam sebagai bahan bakunya seperti industri pengelolahan bsi baja dan  industri pengloahan mesin pemadam api.
4. LPG
    LPG merupakan salah satu alat rumah tangga yang selalu ada di hampir setiap rumah. LPG biasa dipakai untuk memasak dengan memanfaatkan gas alam sebagai bahan bakar untuk membuat api pada kompor.
5. Energi Alternatif
   Gas alam dipakai juga sebagai energi alternatif yang ramah lingkungan dan mampu mengurangi efek dari rumah kaca. Hall ini karena gas alam tidak mengeluarkan bahan buangan yang mencemarkan lingkungan, hanya saja karena dalam bentuk gas, pengolahan menjadi lebih sulit dari pada mengolah minyak bumi
6. Sumber Energi Alternatif di Rumah
   Gas alam dapat dipakai sebagai sumber energi alternatif untuk pemanas dan pendingin di rumah. Dengan memakai gas alam sebagai energi, maka biaya listrik di rumah dapat dikurangi. 
7. Pengelolahan Kertas
   Gas alam juga dipakai sebagai pengelolahan kertas dan tissue, tetapi pada pengelolahannya gas alam tidak dipakai untuk sebagai bahan bakar, melainkan dipakai sebagai sumber energi untuk menyalakan mesin. Hal ini karena gas alam adalah bahan bakar yang ramah lingkungan sehingga dipakai sebagai energi alternatif pengganti minyak bumi dan batu bara. 
8. Industri Rekayasa Hujan
    Gas alam dianggap mampu merekayasa hujan, dengan cara menaburkan karbon dioksida ke awan, untuk memancing awan hujan. hall ini berguna saat suatu daerah terkena musim kemarau yang panjang. Merekayasa hujan juga berguna pada daerah yang rawan kebakaran hutan.
9. PLTU
   Pembangkit listrik tenaga uap adalah salah satu pembangkit listrik ramah lingkungan selain pembangkit listrik tenaga air. Gas alam dipakai karena gas alam dapat menjadi pembangkit listrik yang bersih, serta lebih baik dari pada minyak bumi dan batubara.
10. Salah Satu Sumber Pendapatan Negara
   Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui seperti gas alam, minyak bumi, dan batu bara adalah salah satu sumber pendapatan negara seperti Indonesia. Pajak penjualan gas alam menjadi salah satu sumber pendapatan negara. Hall ini karena gas alam menjadi bahan mentah yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi.


Komentar

Popular

Perbedaan LNG dan LPG

LNG merupakan singkatan dari Liquefied Natural Gas dan LPG merupakan singkatan dari Liquefied Petroleum Gas. Beberapa perbedaan LNG dan LPG Berbeda dengan LPG, kandungan LNG memiliki masa yang lebih ringan dibandingkan dengan udara. Pemakaian LNG relatif lebih aman dibandingkan dengan LPG karena gas yang dikeluarkan akan langsung terbang ke angkasa dan tidak terkumpul diatas permukaan tanah. Rata-rata harga LNG di indonesia lebih murah daripada harga LPG. Penggunaan LNG lebih awet ketimbang LPG karena memiliki tingkat kepadatan energi yang lebih baik BACK

Apa itu gas bumi?

Gas Bumi adalah bahan bakar fosil berbentuk gas yang terdiri dari metana CH4. Bahan utama gas alam yaitu metana, gas (atau senyawa) dan terdiri dari satu atom karbon dan empat atom hidrogen. Pemanfaatan gas alam dibagi atas 3 kelompok yaitu: Gas alam sebagai bahan bakar, antara lain sebagai bahan bakar Pembangkit Listrik Tenaga Uap, sebagai bahan bakar industri ringan, menengah dan berat, sebagai bahan bakar kendaraan bermotor, sebagai gas kota untuk kebutuhan rumah tangga, hotel, restoran dan sebagainya. Gas alam sebagai bahan baku, antara lain bahan baku pabrik pupuk, petrokimia, metanol dan bahan baku plastik. Gas alam sebagai komoditas energi untuk ekspor, yakin Liquefied Natural Gas (LNG). BACK